walmart counter

Kamis, 10 Februari 2011

Tips& Trik membuat novel ala Iznillah

Kali ini gue akan membahasa tentang novel dan cerpen, bagi kalian yang hobi nulis ada beberapa pioint penting yang akan gue share ke kalian, ya walau gue belum jadi penulis terkenal, tapi gue udah ngerasain gimana rasa seru, bete dan kadang keselnya pas lagi nulis,berikut adalah beberapa tips dari gue:

-Selalu memulai mengetik/menulis dengan hati yang tenang dan gembira
-Usahakan cari posisi duduk terenak dan udara ternyaman saat menulis, karena itu dapat membantu kita untuk mengeluarkan gagasan-gagasan.
-Selalu tuangkan ide-ide yang ada di dalam pikiran lo, gak usah takut salah toh lo ini authornya, jadi suka-suka dong mau ngapain aja ye gak?
-Selesaikan novel lo sampai lo bener-bener yakin ceritanya bener-bener selesai
-Pilih genre yang bener-bener lo suka, misalnya kalo gue, gue suka musical dan sedikit drama, dan terkadang action juga membantu.
-Kalo yakin novel lo udah bener-bener selesai, its time for editting some words and sentences.
+Setelah lo yakin semuanya bener-bener selesai, lo bisa cari tahu tentang alamat email para penerbit dan lo kirim email untuk nanya gmana caranya kirim novel kita ke penerbit
+Kalo dia udah reply, kita baca "bismillah" semoga diterima ide kita, dan dapat dicetak

NB:
"+" itu yang sekarang gue lakuin
1. Jangan pernah menulis karena memikirkan keuntungan! karena ceritanya bisa ngaur dan malah takutnya pas gak terima lo kecewa :(


Trik:

-Selalu cari posisi duduk terpewe buat lo ngetik
-Sesuaikan suhu udara diruangan
-Usahain gak ada suara lain yang mengganggu kecauli (kalo gue, gue suka musik-musik selow buat bikin suasana hati gue damai)
-Ketik terus selama ide lo masih ingin tumpah, jangan melihat jumlah halamannya karena lo bakalan bosen pikir lo soalnya dikit banget halamannya.
-Selalu sertakan semua pekerjaan dengan "bismillah"


gue harap tips&trik dari gue dapat membantu kita dalam terus berkreasi, thanks guys see ya on the next post! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar